Latihan Jembatan Taktis Prajurit Yonzipur 9 Kostrad

(Penkostrad. Rabu, 19 Februari 2020). Komandan Batalyon Zeni Tempur 9 Kostrad Letnan Kolonel Czi Rinaldo Rusdy, S.I.P. membuka latihan jembatan taktis MGB (Medium Girder Bridge) di lapangan upacara Mayonzipur 9 Kostrad. Bandung (17/02/2020).

Divisi Infanteri 1 Kostad merupakan salah satu Divisi tempur yang dimiliki oleh TNI AD yang memiliki tugas pokok membina kesiapan operasional satuan-satuan tempur di bawah komandonya agar senantiasa siap dihadapkan pada kemungkinan pelaksanaan tugas pada tingkat strategis.

Sebagai salah satu satuan yang berada di bawah Komando Divisi Infanteri 1 Kostrad, Yonzipur 9 Kostrad berkewajiban untuk mendukung tercapainya tugas pokok TNI AD. Tugas pokok yang diemban oleh Yonzipur 9 Kostrad adalah menyelenggarakan kostruksi dan destruksi guna memperbesar daya gerak sendiri, memperkecil daya gerak musuh dan Nubika Pasif, serta mempertinggi kelangsungan hidup dan kemampuan operasi satuan manuver Divisi Infanteri 1 Kostrad.

Program pembinaan latihan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut ini bertujuan untuk memperlancar gerak maju pasukan kawan adalah dengan melaksanakan Iatihan program yang diselenggarakan oleh Divif 1 Kostrad yaitu Iatihan jembatan taktis MGB (Medium Girder Bridge).

Selain itu latihan ini dilaksanakan untuk memelihara kemampuan personel dengan sasaran memahami dan mampu melaksanakan Operasional Jembatan MGB di medan tugas sehingga mampu melayani kebutuhan satuan kawan untuk melakukan manuver dalam proses penyeberangan baik dalam operasi militer perang (OMP) maupun kebutuhan bantuan kemanusiaan (Civic Mission) untuk bantuan bencana alam (OMSP).

Sehubungan dengan pentingnya peran zeni dalam mendukung gerak maju pasukan kawan, diharapkan dalam pelaksanaan latihan Jembatan MGB ini para prajurit bisa melaksanakannya dengan penuh tanggung jawab, sehingga seluruh materi yang diberikan dapat diterima dan diaplikasikan di medan tugas demi tercapainya tugas pokok TNI AD.

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Adhi Giri Ibrahim

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply