Pembangunan Bandara Mengkendek Mau Diperlebar

Meski belum tuntas proses pembangunannya, pemerintah sudah memutuskan untuk menambah panjang dan lebar landasan pacu bandar udara baru di kecamatan Mengkendek, kabupaten Tana Toraja. Pelebaran landasan pacu ini dimaksudkan agar pesawat berbadan lebar, seperti Boeing 737, bisa mendarat. Sedangkan desain sebelumnya, bandara ini hanya bisa didarati pesawat jenis ATR 24.

“Ya, ada perubahan rencana yang awalnya hanya ATR 24 diubah panjang dan lebarnya agar bisa didarati Boeing,” jelas Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung di Makale, Jumat 7 Agustus kemarin.

Theofilus mengatakan dirinya sudah diberitahukan oleh Departemen Perhubungan mengenai perubahan desain tersebut. “Tentu saja kita senang dengan perubahan itu, karena akan sangat menguntungkan kita. Dengan pesawat jenis itu, berarti bisa melayani penerbangan langsung internasional,” kata Theofilus.

Beliau mengatakan meski ada sedikit hambatan terkait kasus hukum di bandara, namun dirinya tidak akan mundur selangkah pun untuk mewujudkan bandara tersebut. Karena menurut dia, peran bandara itu sangat penting dan strategis bagi pengembangan industri paraiwisata maupun perekonomian masyarakat Tana Toraja secara umum.

“Kita tidak akan berhenti hanya karena ada masalah. Soal hukum akan diselesaikan secara hukum, tetapi proses pembangunannya harus tetap lanjut,” tegasnya.

Secara teknis, redesain bandara itu, menurut Kepala Bandara Pongtiku Rantetayo, Alex Rudi, akan diperpanjang landasan pacunya dari sebelumnya 2.500 meter menjadi 3.500 meter. Sedangkan lebarnya dari 400 meter menjadi 500 meter.

“Teknisnya kita akan tambah panjangan landasan pacu maupun lebarnya,” kata Alex.
Untuk mewujudkan hal tersebut, Alex meminta dukungan dari semua elemen masyarakat di Tana Toraja. Karena tanpa dukungan masyarakat, terutama para pemilik tanah di lokasi pembangunan, hal itu mustahil terealisasi.

“Ini peluang besar untuk masyarakat Tana Toraja, karena tidak semua daerah bisa memperoleh kesempatan seperti ini. Harus kita dukung semua, karena salah-salah bisa dialihkan ke daerah lain,”

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply