Festival Kopi Toraja di Desa Pango-pango Salah Satu Tujuan Wisata Agro, Negeri di Atas Awan

Tongkonantoraja.com – Muh. Roem Ketua DPRD Sulsel, menghadiri Festival Kopi di Tana Toraja tepatnya di kawasan agro wisata Pango-pango, Sabtu (8/12/2018). Ia terkesima melihat keindahan agro wisata Pango-pango.

Saat membuka secara resmi Festival Kopi di kawasan agro wisata Pangopango, bersama Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae dan pejabat terkait lainnya.

Festival Kopi masih merupakan rangkaian dari kegiatan Kemilau Toraja yang sebelumnya dikenal dengan Lovely December. Turut hadir Putri Kopi Toraja Nadia Yessika Tangke dan para undangan lainnya.

Bupati Tana Toraja menjelaskan, ada tujuh aroma kopi dari beberapa kawasan penghasil kopi di Toraja. Ketujuh aroma kopi ini sedang dijajaki untuk menjadi khas kopi Toraja.

“Kopi Toraya Maelo, kenikmatan kopi ini tiada bandingnya, malah lebih nikmat dari White Luwak Coffee,” kata Nicodemus.

Beliau berharap Dinas Pertanian terus berinovasi, harga tujuh jenis kopi yang ada di Toraja terus naik.

Pada Februari 2018 harga kopi petani Toraja sudah naik Rp.30.000 per Kg, lalu bulan Juli sudah mencapai Rp. 40.000 per Kg, ini menjadi keuntungan bagi petani kopi.

“Sekarang kita tidak mau toleran lagi kepada tengkulak pengusaha kopi yang mencoba memainkan harga, dan saatnya petani harus nikmati harga kopi standar nasional,” tegas Nico.

Rospita Napa Kadis Pariwisata Tana Toraja, mengatakan Festival Kopi ini sudah kedua kalinya digelar di obyek wisata Pango-pango Tana Toraja.

Kegiatan Festival Kopi ini dananya  berasal dari Kementerian Pariwisata dan dana sharing dari APBD Tana Toraja. (dbs).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply