KPU Tana Toraja Melakukan Edukasi Pemilih Perempuan

Tongkonantoraja.com – KPU Tana Toraja mengajak kelompok perempuan untuk menggunakan hak pilihnya secara cerdas. Hal tersebut dikemukakan anggota KPU Tana Toraja Intan Parerungan saat menjadi narasumber pada kegiatan yang dilaksanakan oleh Koalisi Perempuan Indonesia (KPI) cabang Tana Toraja pada sabtu (1/12) di Makale.

Dalam kesempatan itu, Intan mengajak pemilih kelompok perempuan untuk menggunakan hak pilihnya secara cerdas dan mandiri serta menolak politik uang dan isu isu sara yang dapat mengganggu pelaksanaan pemilu.

Dikatakan jika pendidikan pemilih khusus perempuan ditujukan untuk setidaknya tiga hal, yakni, menyampaikan informasi kepemiluan yang memadai, mendorong perempuan untuk menentukan pilihan secara mandiri, dan membangkitkan semangat perempuan untuk turut andil dalam kehidupan berpolitik.

Menurut Intan, perempuan sering sekali tertinggal dalam persoalan memperoleh informasi kepemiluan. “Kita ingin memberikan pengetahuan atau informasi tentang kepemiluan, sehingga mereka bisa memilih berdasarkan pertimbangannya sendiri, bukan karena ikut pilihan suaminya atau keluarganya. Hal ini juga mempunyai tujuan jangka panjang, agar perempuan juga aktif dalam politik,” jelas Intan. Dijelaskan jika pilihan mereka pada Pileg dan Pilpres mendatang akan menentukan nasibnya 5 tahun kedepan.

Dalam kesempatan itu dirinya mengajak bagi yg belum memiliki KTP Elektronik agar segera melakukan perekaman sebagai salah satu syarat agar dapat terdaftar didalam DPT ( Daftar Pemilih Tetap ).

“Bagi yg belum memiliki KTP Elektronik agar segera melakukan perekaman di kantor Disdukcapil Tana Toraja agar segera terdaftar di DPT dan bagi yang telah ber KTP Elektronik tapi belum terdaftar agar menghubungi PPS setempat untuk didaftarkan dalam DPT mengingat saat ini masih berlangsung tahapan pencermatan dan penyempurnaan DPTHP-2,” kata Komisioner KPU Tana Toraja Divisi Program dan Data.

Kegiatan yang mengangkat tema “Pendidikan Pemilih bagi kelompok Perempuan” selain menghadirkan Intan Parerungan sebagai narasumbet juga menghadirkan komisioner KPU Tana Toraja divisi Parmas dan SDM Elis Bua Mangesa. (dbs).

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply